Rasume materi

 


Pembawa materi pertama Prof.H.Kacung. Guru Besar FISIP Universitas Airlangga, Guru Besar Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya,Wakil Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Komisaris PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Board Member of Trustees AMINEF. Dalam tema materi Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

Memaparkan bahwa unusa mempunyai visi Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang Terkemuka dan Unggul di ASEAN, Berjiwa Wirausaha serta Berjati Diri Islami. Melalui MKDU Logika & Metode Berpikir kritis, Manajemen Data, Training Keelatan UKM Riset, MKDU Kewirausahaan (UKM KOPMA, PMW), (Program Dana Bergulin)MKDU Pancasila [Agama, Aswaja, Kewarganegaraan, UKM KSR PMI, UKM Magana, UKM RAN)

BASIC KNOWLEDGE STUDY IN UNIVERSITAS NARDLATUL ULAMA SURABAYA

1.Pertukaran mahasiswa merrdeka (inbound, outbound), 

2. Karikulum UNUSA (Berbasis KKNI, OBE) jenjang pendidikan sarjana dan diploma empat 

3. critical thinking creativity

4. collar omaron

5. Literacy Skills

6. communicator

KEGIATAN KEMAHASISHAAN;

-Penalaran

Pengemhangan Leather ship

- Pengembangan Minat Bakat

- Pengembangan Bidang Kesejahteraan

Dasar Pengembangan Karakter Melalui Keg. Kurikuler

1 Matkul Agama

2 Matkul Aswaja

3 Matkul kewirausahaan

5 Matkul Pancasila dan kewarganegaraan



Darurat Narkoba BNNP JAWA TIMUR

ANALIS PENYULUHAN & LAYANAN INFORMASI


Sri Artanti Maryani S.Sos Merenangkan bahwa faktor indonesia menjadi darurat narkoba :


1. Geografis yang terbuka menyebabkan Narkoba mudah masuk & menyebar di seluruh wilayah Indonesia 

2. Peredaran gelap Narkoba bukan hanya menasar orang dewasa dan remaja, melainkan juga anak-anak

3. Demografis yang sangat besar (260 juta jwa) menjadi pasar potensial peredaran gelap narkoba Kerugian yang timbul akibat penyalahgunaan Narkoba mencapai 84,7 trilyun rupiah (biaya privat & sosial)

4. Sistem penegakkanhukum yang belum mampu memberikan efek jera kepada penjahat Narkoba Modus operandi dan variasi jenis Narkoba yang terus berkembang 

5. Narkoba sebagai mesin pembunuh massal (silent killer) yang merusak manusia terutama fungsi kerja otak, fisik, dan emosl.

6. Lapas bertransformasi menjadi pusat kendali peredaran gelap Narkoba.


NARKOTIKA terbagi menjadi 3 golongan :

Golongan 1 :

hanya dapat digunakan untuk tujuan pengembangan IPTEK & tidak digunakan dalam terapi, berpotensi sangat tinggi mengakibatkan ketergantungan (Ganja, Heroin, Kokain, Opium, Katinon, MDMA/Ecstasy, dIl) 

 Golongan 2 :

digunakan sebagai pilihan terakhir dalam pengobatan & terapi dan/atau untuk tujuan pengembangan IPTEK serta berpotensi tinggi menyebabkan ketergantungan (Morfin, Petidin, Fentanil, Metadon, dil)

Golongan 3 :

memiliki daya ketergantungan ringan, tetapi bermanfaat dan berkhaslat untuk pengobatan dan penelitian (Kodeina, Buprenorfin, Etilmorfina, Nikokodina, Polkodina, Propiram, dil)


Diah Satyani Saminarsth, M.Sc mengatakan bahwa Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskes-Kenaikan prevalensi (des) 2018 menunjukkan prevalensi penyakit tidak menular ini meningkat berhubungan dengan pola kehidupan.

Jika dibandingkan dengan Riskesdas hidup, penyebab munculnya penyakit tidak menular ini antara lain merokok, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan tidak sehat dan  kurangnya aktifitas fisik (jarang berolahraga).


Materi ke 4 Dr. Ginanjar Rahmawan, SE, MIM


Menjelaskan bahwa Artificial intelligent adalah kecerdasan buatan, bukan kecerdasan sesungguhnya. 




Fakta Artificial Intelligent : 


1. Keterbatasan Al dalam akses data dan penggunaan bahasa


2. Keterbatasan Al dalam akses data dan penggunaan bahasa


Cara menggunakan AI secara etis : 

1. Menjadikan Ai sebagai asisten

2. Originalitas ada di otak kita

3. Teknis ada di Al

4. Menggunakan Ai untuk lebih produktif

5. Penggunaan waktu efisien

6. Blaya lebih hemat


Pembawa materi Hafid Algristian, dr., Sp.KJ., menerangkan bahwa Bullying adalah suatu tindakan agresif yang dilakukan secara berulang yang dilakukan oleh satu kelompok pada satu individu tertentu. Bullying biasanya ditujukan untuk individu yang dinilai lebih lemah atau berbeda di antara kebanyakan individu lainnya. Bullying dapat berupa verbal dan non-verbal.


Macam-macam jenis bullying

1. Fisik

Contonya : Menghalangi, menyandung, mendorong, menjambak, memukul, merusak barang

2. Verbal 

Contohnya : Panggilan merendahkan, terlak, mengolok, ejek fisik, sifat, status soslal, kritik frontal di depan umum, dsb

3. Sosial

Contohnya : Pengueilan atau tidak ditemani, bikin isu, rumor, gosip, fitnah.

4. Cyber bullying

Contohnya : Di dunia digital, komentar negative, akun anonym, merendatikan, dsb

5. Seksual 

Contuhnya : mengintip, menyebar foto, mengambil foto diam-diam, memaksa melihat pornografi dan bisa mengarah pada kekerasan seksual


Mengapa terjadi bullying : 

1. Lemahnya Pengawasan.

Laporkan bullying tidak sama dengan latihan mental

2. Merasa Berbeda.

Kurang percaya diri, rasa tidak diterima, rendah diri atau direndahkan

3. Kurangnya Empati 

terhadap orang yang lebih lemah atau berbeda dengan dirinya


Dampak dari bullying : 

Korban akan mengalami gangguan emosional dan Mereka mungkin juga mengalami kecemasan, depresi, stres, dan kehilangan kepercayaan diri. Bullying juga dapat menyebabkan isolasi sosial, perasaan kesepian, dan penurunan kualitas hidup secara keseluruhan.


Tema Generasi muda berintegritas anti korupsi Prof. Dr. Haryono Umar, SE, AL MSC mengatakan bahwa Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dalam suatu jabatan kekuasaan, untuk memperoleh keuntungan yang haram atau penyalahgunaan kekuasaan untuk keuntungan pribadi seseorang.

Ciri-ciri korupsi

1. Selalu melibatkan lebih dari satu orang.

2. Biasanya dilakukan dengan kerahasiaan.

3. Melibatkan pihak yang saling menguntungkan dan menjaga kewajiban.

4. Oknumnya sering berasal dari pihak yang berkepentingan.

5. Tiap tindakan korupsi adalah pengkhianatan kepercayaan

Dampak korupsi  yaitu lesunya pertumbuhan ekonomi dan investasi, penurunan produktivitas, rendahnya kualitas barang dan jasa publik, menurunnya pendapatan negara dari sektor pajak dan meningkatnya hutang pemerintah.

Cara pencegahan korupsi

1) Memperkuat Dewan Perwakilan Rakyat; 2) Memperkuat Mahkamah Agung dan jajaran peradilan di bawahnya 3) Membangun kode etik di sektor publik ; 4) Membangun kode etik di sektor Parpol, Organisasi Profesi dan Asosiasi Bisnis. 5) Meneliti sebab-sebab perbuatan korupsi secara berkelanjutan.



Tema: Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan dan Perwujudan Indonesia Emas. Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes Mengatakan Sejalan dengan Visi Indonesia Maju dan SDM Unggul, bahwa TIDAK ADA TANG LEBIH EFEKTI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS MANUSIA SUATU BANGSA DIBANDING MELALUI JALUR PENDIDIKAN Manusia-manusia yang berkualitas itu hanya akan tercipta dari proses pendidikan yang berkualitas pada semua tingkatan, termasuk pendidikan tinggi.

DEFINISI RISIKO 

(merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan. Setiap saat aktivitas berhubungan dengan resiko jangan takut dan jangan panik ada beberapa cara meminimalisir resiko 

1. kenali resiko

2. cegah dan kendalikan resiko

3. beraktivitas secara biasa



Mursyidul Ibad, S.KM., M.Kes

Tema: Digital portofolio untuk generasi Rahmatan lil alamin Unusa

Digital portfolio, singkatnya, adalah alat yang terintegrasi yang digunakan oleh pengajar untuk kemudahan dalam memberikan materi kepada pelajar. Salah satu contoh sistem yang menjadi bagian dari digital portfolio adalah sistem manajemen pembelajaran (LMS).

Cara membuat digital portofolio

1. Buatlah “About Page” yang mengesankan. 

2. Tampilkan hasil karya terbaikmu.

3. Tambahkan penjelasan mengenai proses pengerjaan setiap proyek.

4. Tambahkan CTA (Call to Action) 

5. Publish dan bagikan portofolio.



Ema Umiyyatul Chusnah,

S.T., M.M.Pd (MKRI)

Tema: Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas.

Pancasila adalah paradigma, sebab Pancasila dijadikan landasan, acuan, metode, nilai, dan tujuan yang ingin dicapai dalam program pembangunan. Pancasila sebagai paradigma pembangunan, artinya Pancasila berisi anggapan-anggapan dasar yang merupakan kerangka keyakinan yang berfungsi sebagai acuan, pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan nasional.

Pancasila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur segala tatanan kehidupan bangsa Indonesia dan mengatur penyelenggaraan negara. Pancasila dijadikan sebagai dasar negara karena memang sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia

Nilai-nilai luhur Pancasila secara nyata tumbuh dan berkembang subur dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus pengamalan ajaran agama. Karena itu, pengamalan nilai-nilai luhur mengedepankan nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan agar menjadi manusia yang beradab dengan semangat persatuan kesatuan bangsa.



Direktorat SI

Tema Sosialisasi Learning Management System dan Sistem Informasi Manajemen (SIM) untuk Kesiapan Pendidikan Berbasis Digital di Unusa.

Sistem informasi manajemen atau SIM adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaa…


Jangan lupa kunjungi teman saya juga : desiindahsa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berawal dari Sekolah Perawat, Kini Unusa Jadi Ikon Pendidikan Kesehatan di Jatim

Rasume Materi PKKMB Prodi S1 Keperawatan